Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Kahfi

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Kahfi
Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Kahfi


Manfaat Surat Al-Kahfi - Surat Al Kahfi merupakan salah satu surat dalam Al-Qur’an yang terletak di bagian akhir juz 15 dan di awal juz 16. Surat Al Kahfi atau Ashabul Kahfi berjumlah 110 ayat dan menempati urutan ke 18 dari 114 surat yang ada dalam Al Qur’an. Surat Al Kahfi ini termasuk surat Makiyyah, atau surat yang diturunkan di Kota Makkah.

Jika membaca sejarah ashabul kahfi maka tentu kita akan menemukan banyak hal yang sangat menarik dan luar biasa yang mana hal tersebut menunjukan kekuasaan allah swt sang maha pencipta satu-satu yang haq untuk di sembah dan di yakini atas kekuasannya terhadap segala sesuatu.

Kautamaan dan Manfaat Surat Al-Kahfi

Surat Al Kahfi adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca dan diamalkan dengan benar oleh umat Islam. Surat ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca umat Muslim pada hari Jum’at atau malam Jum’at. Sebenarnya tak harus hari Jum’at saja, namun sangat dianjurkan pada hari tersebut. Karena hari Jum’at adalah hari yang baik bagi umat Islam di seluruh dunia.

Akan tetapi, memang dianjurkan bahwa sebaiknya surat Al Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya yakni hari Jumat. 

Mengapa membaca surat Al Kahfi dianjurkan dibaca setiap malam Jumat atau hari Jumat? Apa keistimewaan dan keutamannya? Berikut penjelasannya:
1. Dapat terhindar dari fitnah Dajjal
Nabi Muhammad SAW bahkan bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat Al Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal. 
Dari hadist Ibnu Umar R.A, berkata: 

 مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ 

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih) 

Dajjal diketahui merupakan satu diantara tanda-tanda kiamat. Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa: “Dajjal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya di atas mimbar-mimbar.” (HR Ahmad).

2. Mendapatkan Ridho dari Allah SWT dan Diterangi Cahaya
Salah satu manfaat membaca membaca surat Al Kahfi dengan rutin di hari Jum’at atau malam Jum’at adalah agar Allah selalu melindungi hidup kita dengan cahaya keberkahan dan petunjuk dalam kehidupan ini. Sehingga walaupun ujian dan cobaan datang, kita tetap sabar dan kuat menghadapinya. Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Kita Akan Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT
Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullulah SAW bersabda bahwa 
"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.’
” Al-Mundziri berkata: hadist ini diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa. (Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)”

4. Dijaga dari gangguan setan 
Sebuah hadist yang oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al Khafi dan surat Al Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. 

5. Disinari Cahaya Kebaikan 
Umat islam yang membaca surat Al Kahfi baik di hari Jumat atau malam Jumat akan diberikan pahala dan ganjaran serta disinari oleh cahaya kebaikan. Cahaya tersebut akan diberikan Allah SWT di hari kiamat dan cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat AL Hadid ayat 12.

Setelah memahami dan mengetahui bagaimana kedudukan dan keutamaan dari surat al-kahfi dengan benar, sekarang tugas kita semua untuk senantiasa mengamalkan dan membaca surat al-qur’an ini sesering mungkin terutama pada hari ju,’at. Tetapi penjelasan di atas hanyalah sebagian kecil dari kandungan surat al-kahfi sebab masih banyak dan luas lagi pembahasan yang masih ada kaitannya dengan bacaan keutamaan manfaat surat al-kahfi latin dan artinya dan lain sebagainya, maka dari itu silahkan pelajari lebih jauh lagi tidak hanya cuma sampai di sini saja.

Source : berbagai sumber

Penelusuran Terkait :
  • keutamaan surat al kahfi ayat 1-10 
  • keutamaan surat al kahfi rumaysho 
  • keutamaan membaca surat al kahfi di malam jumat 
  • membaca surat al kahfi di hari jumat berapa ayat 
  • rahasia surat al kahfi 
  • mukjizat surah al kahfi 
  • manfaat mendengarkan surat al kahfi 
  • bacaan surat al kahfi jumat
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Agama / Info dengan judul Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Kahfi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2020/08/keutamaan-dan-manfaat-surat-al-kahfi.html. Terima kasih!

Postingan Populer

 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger