Kota Indah Yunani Kuno Ephesos

Kota Indah Yunani Kuno Ephesos
Kota Indah Yunani Kuno Ephesos
berbagi-informasi - Ephesus, merupakan sebuah Kota Yunani Kuno yang berada di sebelah barat dari Anatolia, kota Selçuk, Provinsi Izmir. Kota ini adalah salah satu dari dua belas kota dari liga Ionian dalam sejarah pemerintahan Yunani kuno. Pada abad pertama masehi, Ephesus yang sekarang wilayah Turki adalah kota terbesar kedua di dunia setelah Roma di Yunani karena memiliki populasi sejumlah lebih dari 250.000 orang pada abad ke-1 SM. Kejayaan Ephesus memang telah berahir. Namun, sisa-sisa peradaban yang usianya lebih dari tiga ribu tahun itu bukanlah sekadar onggokan puing. Reruntuhan kota kuno Ephesus ibarat mesin waktu yang mengantar imajinasi kita ke kehidupan masa silam.

Kota Indah Yunani Kuno Ephesos
Kota ini dulunya terkenal karena adanya "Kuil (dewi) Artemis" (Temple of Artemis; selesai dibangun pada tahun 550 SM), salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Kaisar Konstantin I membangun kembali hampir keseluruhan kota ini dan mendirikan tempat-tempat mandi umum yang baru. Berdasarkan surat perintah "Edik Tesalonika" (Edict of Thessalonica) dari kaisar Theodosius I, kuil itu dihancurkan oleh massa yang dipimpin oleh St. Yohanes Krisostomus. Kota ini sebagian hancur akibat gempa bumi pada tahun 614 M. Pentingnya kota ini sebagai pusat perdagangan menurun karena pelabuhannya lambat laun ditumpuki oleh endapan sungai Cayster (Küçük Menderes).

Berikut ini beberapa fakta tentang Ephesus:
  1. Ephesus merupakan salat satu musium outdoor terbesar di Turkey
  2. Di Ephesus terdapat toilet yang masih dapat kita lihat bentuknya. Akan tetapi tidak ada sekat pembatas antara satu dengan lainnya.
  3. Kembali ke Toilet, jaman dahulu sebelum orang kaya menggunakan toilet ia akan menyuruh budaknya untuk duduk terlebih dahulu. Dengan tujuan menghangatkan toiletnya.
  4. Sejak jaman Romawi kuno mereka sudah mengetahui bahwa dunia itu bulat sekitar abad 1 sebelum masehi. Hal ini terlihat lingkaran yang berada di bawah kaki patung Raja Trajan. Yang menunjukkan kekuasaannya di dunia.
  5. Perpustakaan merupakan objek tempat utama dan sangan menarik untuk mengambil foto di Ephesus. Perpustakaan ini adalah perpustakaan terbesar ke 3 dengan kapasitas 12.000 gulungan ( bentuk buku jaman dahulu berupa gulungan)
  6. Ada yang pernah mendengan Heraclitus seorang filsafat yang terkenal dengan kata bijaknya “individual can and can not step into the same river twice” ia dilahirkan di Ephesus.
  7. Pelabuhan Ephesus terletak 9-10 km dari laut.
  8. Dalam sejarah Ephesus dibangun 4 kali. Sedangkan tempat yang dukunjungi oleh para turis pada umumnya adalah yang ke 3. Manakah yang ke 4??
  9. Bunda Maria menghabiskan tahun terakirnya di rumah kecil di dekat Ephesus. Yang biasa dikunjungi dalam perjalanan tour.
  10. Terdapat salah satu keajaiban dunia di dalam Ephesus yakni patung Artemis dan diletakkan sebagai kuil pemujaan Artemis (dewi berburu),
  11. Kuil Artemis tersebut dipercaya telah dibangun 7 kali.
  12. Salah satu dari the 7 Churches (jemaat pada awal masehi) dalam Kitab Wahyu adalah Ephesus. (Wahyu 2:1-7)
  13. Rasul Paulus lahir di Tarsus bagian tenggara Turkey. Pernah mengajar di Ephesus selama 2 tahun dalam pelayanannya yang ke 3.
  14. Tugu Artemis setinggi 30 meter pada awalnya.
  15. Kuil Artemis ditutupi oleh ruangan seluas 125 meterx 60 meter serupa dengan luas lapangan bola.
  16. Iklan pertama kali di duni, menunjukkan jalan menuju rumah bordir di Ephesus. Hal ini berupa jalanan marmer.
  17. Grand Theatre di Ephesus memiliki kapasitas 24.000 penonton dan tinggi 38 meter.
  18. Pernahakan anda mendengar cerita tentang 7 sleeper. 7 orang yang lari dan tertidur di gua selama 200 tahun dan mendapatkan perncerahan yang sangat luar biasa. Gua tempat mereka tertidur berada di Ephesus.
  19. Ephesus merupakan kota kuno terbaik yang masih dipelihara di Mediterania Timur. Dan anda masih bennar-benar merasa dalam suasana Romawi ketika di Ephesus.

Kota Indah Yunani Kuno Ephesos
Ephesus yang berlokasi 3km dari distrik Selcuk di Izmir. Kawasan ini sangatlah luas. Kawasan pintu masuk meliputi area dari Gerbang Magnesia menuju Cruch of Mary. Begitu banyak reruntuhan yang akan ditemui disini namun beberapa yang sangat terkenal adalah The Celcus Libray, Grand Theater, Chruch of Virgin Mary, Temple of Hadrian, Odeon dan House of Virgin Mary.

Rasanya sulit untuk mendeskripsikan satu per satu kisah tentang reruntuhan-reruntuhan tersebut dalam waktu singkat disini. Namun, satu kata yang bisa menggambarkan perasaan saya ketika berada disana adalah, betapa hebatnya manusia di jaman dulu.

Sekian dulu informasi yang dapat saya sampaikan kali ini semoga bisa bermanfaat juga berguna, selain itu mudah-mudahan bisa dijadikan bahan referensi seandainya sobat semua ingin atau berencana untuk berwisata.

Terimakasih
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info dengan judul Kota Indah Yunani Kuno Ephesos. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2014/02/kota-indah-yunani-kuno-ephesos.html. Terima kasih!
 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger