Biografi Taufik Kiemas

Biografi Taufik Kiemas
Biografi Taufik Kiemas - Siapa yang tidak kenal dengan sosok beliau, H.Taufik Kiemas adalah seorang politisi senior yang memiliki jiwa nasionalis tinggi, juga seorang ayah serta sahabat. Kiprah politik beliau dimulai pada saat di bangku perkuliahan dengan masuk ke salah satu organisasi GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia), kemudian beliau bergabung ke dalam Partai Demokrasi Indonesia (PDI) yang saat ini PDI-Perjuangan dan terakhir beliau menjabat menjadi ketua MPR-RI periode 2009 - 2014.

Biografi Taufik Kiemas
Berikut Profil Lengkap dari Taufik Kiemas :
Nama : H. Muhammad Taufik Kiemas gelar Datuk Basa Batuah (lebih dikenal sebagai Taufik Kiemas)
Lahir : di Jakarta, 31 Desember 1942 - meninggal di Singapura, 8 Juni 2013 pada umur 70 tahun sekitar pukul 19.00 Waktu Singapura).
Agama : Islam
Partai : politik PDI Perjuangan (PDI-P)
Isteri : Megawati Soekarnoputri
Anak : Puan Maharani
Alma mater : SMA Negeri 2 Palembang
Penghargaan :
-  11 Agustus 2011 - Bintang Republik Indonesia Adipradana.
- 10 Maret 2013 - Doktor Honoris Causa dalam bidang Kebangsaan dan Bernegara oleh Universitas Trisakti Jakarta
Karya : Tanpa Rakyat Pemimpin tak Berarti Apa-apa: Jejak Langkah 60 tahun Taufiq Kiemas, Pustaka Sinar Harapan, 2002

Latar belakang Taufik Kiemas lahir dari pasangan Tjik Agus Kiemas dan Hamzathoen Roesyda. Ayahnya berasal dari Sumatera Selatan, sedangkan ibunya seorang Minangkabau. Ia merupakan penghulu kaum keluarga ibunya di Kanagarian Sabu, Batipuh Ateh, Tanah Datar, Sumatera Barat, dengan gelar Datuk Basa Batuah

Taufiq Kiemas memulai karier politiknya ketika dibangku mahasiswa dengan bergabung sebagai anggota GMNI. Kemudian ia bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia dan terpilih sebagai anggota DPR/MPR-RI pada tahun 1992. Selama masa Orde Baru, karier politiknya banyak dikebiri oleh pihak penguasa. Kariernya mulai cemerlang, ketika rezim Soeharto tumbang. Pada Pemilu 1999, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) keluar sebagai pemenang. Kemenangan ini mengantarkan istrinya menjadi Wakil Presiden dan kemudian Presiden Indonesia kelima.

Kini sebagai salah satu tokoh penting di partai, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu). Ia kembali terpilih menjadi anggota DPR periode 2009–2014 dari PDI-Perjuangan untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II.

Sebagai politikus terkemuka, banyak penulis yang mengulas karier politik Taufiq Kiemas, diantaranya ialah karya Derek Manangka yang berjudul Jurus Dan Manuver Politik Taufiq Kiemas : Memang Lidah Tak Bertulang yang terbit pada tahun 2009.

Pada 17 Desember 2011, Ia menjalani operasi pergantian baterai alat pemacu jantung di Rumah sakit Harapan Kita  Setelah menjalani perawatan di Singapura, pada hari Sabtu 8 Juni 2013 pukul 19.05 waktu setempat, Taufiq Kiemas meninggal dunia di Singapore General Hospital, Singapura akibat penyakit jantung yang dideritaNya

Pada saat beliau menjabat sebagai Ketua MPR, almarhum Taufiq Kiemas mencetuskan ide baru yakni 4 pilar kebangsaan. 4 pilar kebangsaan yang digulirkannya disosialisasikan sampai akhir hayat, meskipun belakangan menjadi kontroversi. Empat pilar kebangsaan ala Taufiq Kiemas memuat Pancasila sebagai salah satu muatannya selain UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Ide besar ini digulirkan Taufiq keliling Indonesia.

Semoga beliau bisa beristirahat dengan tenang di alam sana, diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, di terima segala amal baiknya, Amiin YRA. mudah-mudahan beliau menjadi inspirator bagi generasi muda untuk meneruskan perjuangan serta cita-citanya.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini
terimakasih

Ref: Wikipedia
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Biografi dengan judul Biografi Taufik Kiemas. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2013/06/biografi-taufik-kiemas.html. Terima kasih!
 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger