Sejarah FIFA World Cup (Piala Dunia FIFA)

Sejarah FIFA World Cup
Sejarah FIFA World Cup (Piala Dunia FIFA) - Piala Dunia sepak bola atau sering disingkat sebagai Piala Dunia saja (FIFA Worl Cup) adalah kompetisi terpenting dalam dunia sepak bola Internasional. Diselenggarakan oleh Federation Internationale de Football Association, pengatur cabang olah raga ini. Turnamen babak final Piala Dunia adalah ajang olah raga yang paling banyak ditonton di dunia, bahkan melebihi Olimpiade.

Sejarah FIFA World Cup (Piala Dunia FIFA)

Babak final turnamen (merujuk kepada bagian turnamen setelah kualifikasi) ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Akan tetapi kejuaraan ini mengambil masa dua tahun secara keseluruhan. Lebih dari 160 tim nasional bertarung dalam turname kualifikasi regional yang terdiri dari zona Asia, zona Eropa,  zona Conmebol, zona Concacaf dan Oseania. Mereka bertanding dalam zona masing-masing untuk meraih tempat dalam babak final. Turnamen finalnya, kini melibatkan 32 tim (peningkatan dari 24 tim pada tahun 1998) yang berkompetisi selama 4 minggu di negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Inovasi yang dilakukan baru-baru ini memperbolehkan lebih dari satu negara menjadi tuan rumah.

Piala Dunia bukanlah kejuaran sepak bola internasional pertama. Sepal bola amatir menjadi bagian dari program Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1908. Pada tahun di Torino diselenggarakan sebuah turnamen sepak bola yang bernama Piala Sir Thomas Lipton. Italia, Jerman dan Swiss mengirimkan klub mereka yang paling prestisius ke turnamen tersebut, namun Persatuan Sepak bola Inggris (FA) menolah tawaran untuk ikut serta dalam kejuaraan itu.

Ide melahirkan kejuaraan sepak bola dunia tercetus pada 1904 di Paris saat Konggres I Federation Internationale de Football Association. Pada 1928 FIFA bersama Presiden Persatuan Sepak Bola Prancis (FFFA), Jules Rimeri dan rekannya Henri Delaunay, dan peserta kongres di Amsterdam memutuskan untuk melaksanakan ide tersebut.

Setahuan kemudian, FIFA secara resmi menyiapkan sebuah kejuaraan bernama World Cup yang akan berlangsung setiap empat tahun. Pada kongres FIFA 17 - 18 Mei 1929 di Barcelona, Spanyol. Uruguay mendapat dukungan dari 23 peserta kongres menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama. Piala kejuaraan ini dikenal dengan Piala Jules Rimet.

Piala Jules Rimet dibuat oleh perupa Perancis, Abel La Fleur. Berbentuk oktagonal berlambangkan bumi dipegang oleh Dewa Kemenangan Yunani purba yang bernama Nike. Piala ini dibuat dari emas, dengan berat 3,8 kg dan tinggi 35 cm.

Sejarah FIFA World Cup (Piala Dunia FIFA)
Piala Dunia FIFA yang pertama pun diadakan di Uruguay dan berlangsung dari 13 - 30 Juli 1930. Sebanyak 13 (tiga belas) negara turut serta dalam pertandingan tersebut. Enam dari Amerika Selatan, lima dari Eropa dan dua dari Amerika Utara. Uruguay mengalahkan Argentina 4 - 2 di depan 93.000 penonton di Montevideo dan menjadi negara pertama yang merebut piala tersebut.

Selama Perang Dunia II kejuaraan ini terhenti 12 tahun. Baru dimulai kembali tahun 1950 di Brasil. Piala Jules Rimet pernah di curi sewaktu dipamerkan di Stampex Exhibition di Westminster Central Hall, London menjelang Piala Dunia 1966 di Inggris. Akan tetapi ia ditemukan 7 hari kemudian oleh seekor anjing bernama Pickles.

pada tahun 1970 di Meksiko, FIFA telah memutuhkan Brasil sebagai penyimpan Piala Jules Rimet karena menjadi negara pertama yang menjuarai sebanyak 3 (tiga) kali, yakni 1958, 1962 dan 1970.

Bagian induk FIFA kemudian membuat piala baru dengan menggunakan emas 18 karat, tinggi 36 cm dan mempunyai berat 4,97 kg piala dirancang oleh perupa terkenal Italia, Silvio Gazzaniaga dan di gunakan hingga sekarang. FIFA menetapkan hanya pemimpin negara dan pemenang Piala Dunia saja yang boleh menyentuh piala tersebut. Replikasi piala yang dilapisi emas akan diberikan untuk disimpan oleh pemenang.

Berikut ini adalah daftar juara Piala Dunia (FIFA World Cup) :
  1. Tahun 1930 di Uruguay, juaranya Uruguay
  2. Tahun 1934 di Italia, juaranya Italia
  3. Tahun 1938 di Prancis, juaranya Italia
  4. Tahun 1939 s/d 1949 terhenti karena terjadi Perang Dunia
  5. Tahun 1950 di Brasil, juaranya Uruguay
  6. Tahun 1954 di Swiss, juaranya Jerman Barat
  7. Tahun 1958 di Swedia, juaranya Brasil
  8. Tahun 1962 di Chili, juaranya Brasil
  9. Tahun 1966 di Inggris, juaranya Inggris
  10. Tahun 1970 di Mexico, juaranya Brasil
  11. Tahun 1974 di Jerman Barat, juaranya Jerman Barat
  12. Tahun 1978 di Argentina, juaranya Argentina
  13. Tahun 1982 di Spanyol, juaranya Italia
  14. Tahun 1986 di Mexico, juaranya Argentina
  15. Tahun 1990 di Italia, juaranya Jerman Barat
  16. Tahun 1994 di Amerika Serikat, juaranya Brasil
  17. Tahun 1998 di Prancis, juaranya Prancis
  18. Tahun 2002 di Jepang-Korea Selatan, juaranya Brasil
  19. Tahun 2006 di Jerman, juaranya Italia
  20. Tahun 2010 di Afrika Selatan, juaranya Spanyol
  21. Tahun 2014 di Brasil, juaranya ....
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga berguna juga bermanfaat dan mohon maaf jika ada penulisan yang salah dalam artikel ini.
terimakasih
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Sejarah dengan judul Sejarah FIFA World Cup (Piala Dunia FIFA). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2013/05/sejarah-fifa-world-cup-piala-dunia-fifa.html. Terima kasih!
 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger