Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu - Buddha di Indonesia

Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu - Buddha di Indonesia
Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu - Buddha di Indonesia - Agama dan kebudayaan Hindu-Buddha lahir dan berkembang di India. Agama dan kebudayaan Hindu-Buddha mewarnai kehidupan sosial, budaya, ekonomi dan politik masyarakat India. Agama dan kebudayaan Hindu di India mencapai puncak kejayaan semasa pemerintahan Candragupta dari Dinasti Maurya. Agama Buddha mencapai puncak kejayaannya semasa pemerintahan Raja Ashoka. Dari India, agama dan kebudayaan Hindu-Buddha kemudian berkembang ke Asia Selatan, Asia Timur dan Asia Tenggara termasuk juga ke Indonesia.

Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu - Buddha di Indonesia

Sejak zaman prasejarah penduduk Indonesia dikenal sebagai pelaut ulung yang sanggup mengarungi lautan lepas. Pada permulaan pertama tarikh Masehi, telah terjalin hubungan dagang antara Indonesia dengan India. Hubungan ini kemudian juga berkembang ke hubungan agama dan budaya, Hal ini disebabkan para pedagang India tidak hanya membawa barang dagangannya, tetapi juga membawa agama dan budaya mereka sehingga menimbulkan perubahan dalam masyarakat Indonesia, yakni sebagai berikut :
  1. Semula hanya mengenal kepercayaan animisme dan dinamisme, kemudian mengenal dan menganut agama Hindu-Buddha.
  2. Semula belum mengenal aksara / tulisan, menjadi mengenal akasara atau tulisan dan Indonesia memasuki zaman Sejarah.

1. Hubungan Dagang Indonesia dengan India dan Cina
Pada awal tarikh Masehi, negeri Kepulauan Nusantara telah menjalin hubungan dengan bangsa-bangsa di Asia. Bentuk hubungan dagang yang berlangsung pada saat itu bermula dari kegiatan perdagangan dan pelayaran. Sebagai akibat dari hubungan perdagangan dan pelayaran, timbullah pertemuan kebudayaan yang melahirkan kebudayaan baru bagi masyarakat Nusantara. Proses pencampuran antara dua atau lebih kebudayaan yang saling bertemu dan mempengaruhi itu disebut akulturasi kebudayaan. Adanya hubungan dagang pada awal abad tarikh Masehi didasarkan adanya sumber-sumber baik ekstern maupun intern.
a. Sumber Ekstern
  1. Sumber dari India
  2. Sumber dari Cina
  3. Sumber dari Yunani
b. Sumber Intern
Adanya sumber-sumber dari luar, seperti India, Cina dan Yunani, diperkuat adanya sumber-sumber yang ada di Indonesia sendiri. Sumber-sumber sejarah di dalam negeri yang memperkuat adanya hubungan dagang antara Indonesia dengan India dan Cina, antara lain sebagai berikut :
  1. Prasasti
  2. Kitab-kitab kuno
  3. Bangunan-bangunan kuno

2. Pembawa Pengaruh Agama dan Kebudayaan Hindu Buddha
Bagaimana proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu Buddha ke Indonesia? Siapa yang membawa agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia? Hal itu menimbulkan berbagai macam interpretasi karena tidak ada bukti yang konkrit. Ada beberapa hipotesis tentang masuknya agama dan budaya Hindu Buddha ke Indonesia, antara lain sebagai berikut :
  1. Hipotesis Waisya
  2. Hipotesis Kesatria
  3. Hipotesis Brahmana
  4. Hipotesis Nasional
3. Peta Jalur Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kepercayaan Hindu - Buddha
Pada sekitar abad ke - 2 sampai dengan 5 Masehi, diperkirakan telah masuk agama dan kebudayaan Buddha ke Indonesia. Kemudian disusul penganut Hindu ke Indonesia pada abad ke - 5 Masehi. Agama Hindu-Buddha di bawah ke Indonesia oleh para pedagang dan pendeta dari India atau Cina masuk ke Indonesia mengikuti dua jalur.
a. Melalui Jalur Laut
b. Melalui Jalur Darat

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan kali ini semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini
terimakasih.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pengetahuan / Sejarah dengan judul Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu - Buddha di Indonesia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2013/05/proses-masuk-dan-berkembangnya-agama.html. Terima kasih!
 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger