Menentukan Tema dan Amanat Puisi

Menentukan Tema dan Amanat Puisi
Menentukan Tema dan Amanat Puisi - Tema puisi dapat diketahui dengan mudah apabila tema yang dipilij penyairnya sekaligus dijadikan puisi. Seperti halnya jenis karya sastra lain, puisi pun mempunyai tema atau pokok permasalahan. Tema puisi pada umumnya dinyatakan penyairnya secara tersirat.

Menentukan Tema dan Amanat Puisi

Namun juga tidak semudah itu kita menentukan tema puisi misalnya puisi "Diponegoro" karya Chairil Anwar. Tema puisi tersebut bukan pemujaan terhadap pahlawan Dipenogoro melainkan Chairil Anwar sendiri duduk sebagai pahlawan yang menentang Jepang yang bertindak sewenang-wenang terhadap pertumbuhan kebudayaan Indonesia pada umumnya. Dengan judul itu, puisi tersebut dapat disiarkan karena Jepang menyangka bahwa Chairil Anwar pro Jepang. Tema atau pokok permasalahan puisi "Dipenogoro" itu adalah "Sekali berarti / Sudah itu mati".

Baca baik-baik puisi baik-baik "Kerikil Tajam" Chairil Anwar.
DIPENOGORO
Di masa pembangunan ini
Tuhan hidup kembali

dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seribu kali
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselubung semangat yang tak bisa mati

Maju

Ini barisan tak bergenderang berpadu
Kepercayaan tanda menyerbu

Sekali berarti
Sudah itu mati

Maju

Bagimu negeri
Menyediakan api

Punah di atas menghamba
Binasa di atas di tinda
Sungguhpun dalam ajar baru tercapai
Jika hidup harus merasai

Maju
Serbu
Serang
Terjang

Menentukan Tema dan Amanat Puisi - Amanat atau pesan (ada yang menyebutnya tujuan) adalah gagasan yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca. Puisi-puisi yang bagus kebanyakan mengandung amanat yang berharga. Perlu diingat bahwa amanat itu pun dinyatakan secara tersirat.

Kalau kebetulan si penyair seorang guru, maka dengan puisi-puisinya dia ingin mendidik para penikmat karyanya itu. Kalau kebetulan si penyair seorang ulama, maka dengan puisinya dia ingin membawa penikmatnya kepada jalan yang diberkati Tuhan, puisi-puisinya bersifat disiplin.

Perlu kita ingat kembali bahwa untuk menentukan tema dan amanat sebuah puisi perlu pemahaman agar kita memahami sebuah puisi perlu pengetahuan mengenai pemakaian kata dari segi maknanya. yakni makna tugas, makna kias atau makna lambang.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat juga berguna bagi sobat semua.
terimakasih
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori BIndo / Pengetahuan / SLTP2 dengan judul Menentukan Tema dan Amanat Puisi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2013/05/menentukan-tema-dan-amanat-puisi.html. Terima kasih!
 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger