Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional
Hari Kebangkitan Nasional - Hari Kebangkitan Nasional jatuh pada tanggal 20 Mei, yang mana bangkitnya rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, serta Nasionalisme juga kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang.

Hari Kebangkitan Nasional

Nilai-nilai Kebangkitan Nasional yang diperjuangkan para pendahulu kita telah menjadi perekat jalinan persatuan dan kesatuan diantara kekuatan dan komponen bangsa. Ia telah memberi semangat untuk melepaskan diri dari penjajahan, mengejar ketertinggalan dan membebaskan diri dari keterbelakangan. Nilai-nilai tersebut menjadi dasar perjuangan para pemuda yang kemudian pada tanggal 20 Mei 1908 terorganisasi dalam wadah pergerakan bernama "Boedi Oetomo". Dari sinilah kemudian semangat nilai-nilai persatuan dan kesatuan ini semakin mengkristal dan menjadi kekuatan moral bangsa sebagaimana tertuang dalam ikrar "Soempah Pemoeda", pada tanggal 28 Oktober 1928. Perjuangan panjang yang ditempuh oleh bangsa Indonesia tersebut, akhirnya kita capai dengan memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 sebagai bangsa yang merdeka dari penjajahan.

Organisasi Boedi Oetomo yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji serta digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo pada awalnya bukan organisasi politik, tetapi lebih kepada organisasi yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan. Namun seiring waktu Boedi Oetomo kemudian menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk kemerdekaan Indonesia.

Semoga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia bisa semakin kokoh serta rakyat Indonesia sendiri bisa lebih merdeka, sejahtera dan makmur. Coba kita renungkan betapa gigihnya perjuangan para pahlawan yang dengan susah payah ingin merasakan kemerdekaan yang seutuhnya meskipun nyawa menjadi taruhannya. Apakah sekarang kita sudah merasakan kemerdekaan yang seutuhnya? mungkin sobat bisa simpulkan sendiri dengan melihat kenyataan yang dialami saat ini.

Demikian info yang dapat saya sampaikan kali ini, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini dan semoga bermanfaat juga menjadi motivasi kita untuk menjadi lebih baik.
terimakasih.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info / Sejarah dengan judul Hari Kebangkitan Nasional. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2013/05/hari-kebangkitan-nasional.html. Terima kasih!
 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger