Rumus Konversi Suhu


Rumus Konversi Suhu
Rumus Konversi Suhu - Skala Celsius adalah suatu skala suhu yang didesain supaya titik beku air berada pada 0 derajat dan titik didih pada 100 derajat di tekanan atmosferik standar. Skala ini mendapat namanya dari ahli astronomi Anders Celsius (1701–1744), yang pertama kali mengusulkannya pada tahun 1742.

Rumus Konversi Suhu

Karena ada seratus tahapan antara kedua titik referensi ini, istilah asli untuk sistem ini adalah centigrade (100 bagian) atau centesimal. Pada 1948 nama sistem ini diganti secara resmi menjadi Celsius oleh Konferensi Umum tentang Berat dan Ukuran ke-9 (CR 64), sebagai bentuk penghargaan bagi Celsius dan untuk mencegah kerancuan yang timbul akibat konflik penggunaan awalan centi- (di Indonesia senti-) seperti yang digunakan satuan ukur SI. Meski angka-angka untuk saat beku dan mendidih untuk air tetap lumayan tepat, definisi aslinya tidak cocok digunakan sebagai standar formal: ia bergantung pada definisi tekanan atmosferik standar yang sendiri bergantung kepada definisi suhu. Definisi resmi Celsius saat ini menyatakan bahwa 0,01 °C berada pada triple point air dan satu derajat adalah 1/273,16 dari perbedaan suhu antara triple point air dan nol absolut. Definisi ini memastikan bahwa satu derajat Celsius merepresentasikan perbedaan suhu yang sama dengan satu kelvin (Wikipedia).

Kali ini saya akan share mengenai beberapa rumus untuk mengkonversi suhu, baik itu dari celcius ke fahrenheit, atau sebaliknya. Selain itu sobat bisa mencoba penghitungan otomatis dibawah jika ingin mendapatkan hasil secara cepat.

Berikut ini Rumus Konversi Suhu, silahkan disimak :
Rumus Konversi Suhu
Celcius ke Fahrenheit = suhu celcius : 5 x 9 + 32

Celcius ke Reamur = suhu celcius : 5 x 4

Celcius ke Kelvin = suhu celcius + 273,15


Fahrenheit ke Celsius = (suhu fahrenheit - 32) : 9 x 5

Fahrenheit ke Reamur = (suhu fahrenheit - 32) : 9 x 4

Fahrenheit ke Kelvin = (suhu fahrenheit - 32) : 9 x 5 + 273,15


Reamur ke Fahrenheit = suhu reamur : 4 x 9 + 32

Reamur ke Celsius = suhu reamur : 4 x 5

Reamur ke Kelvin = suhu reamur : 4 x 5 + 273,15


Kelvin ke Fahrenheit = (suhu kelvin - 273,15) : 5 x 9 + 32

Kelvin ke Reamur = (suhu kelvin - 273,15) : 5 x 4

Kelvin ke Celcius = suhu kelvin - 273,15


Pilih satuan suhu yang ingin anda konversi :
Celcius ke Fahrenheit

Celcius ke Reamur

Celcius ke Kelvin

Fahrenheit ke Celsius

Fahrenheit ke Reamur

Fahrenheit ke Kelvin

Reamur ke Fahrenheit

Reamur ke Celcius

Reamur ke Kelvin

Kelvin ke Fahrenheit

Kelvin ke Reamur

Kelvin ke Celcius

Masukkan nilai suhu yang ingin anda konversi :



Sekian dulu informasi yang dapat saya berikan kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat juga berguna dan mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dari artikel yang saya buat.

terimakasih
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Math / Pengetahuan dengan judul Rumus Konversi Suhu. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2013/04/rumus-konversi-suhu.html. Terima kasih!
 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger