Karya Seni Rupa Murni

Karya Seni Rupa Murni
Karya Seni Rupa Murni - Seni Rupa Murni adalah seni rupa yang hanya terikat pada kepentingan rasa estetis (keindahan). Adanya karya seni rupa murni dapat memenuhi kebutuhan terhadap kepuasan batin seniman penciptanya. Karya seni rupa murni dapat menjadi unsur budaya yang mempunyai fungsi individu dan fungsi sosial.

Karya Seni Rupa Murni

Proses pembuatan karya seni rupa murni lebih mudah dari pada proses pembuatan karya seni rupa benda pakai. Pembuatan karya seni rupa murni membutuhkan berbagai macam objek yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk berimajinasi. Contoh objek karya seni rupa murni sebagai berikut :
  1. Alam
  2. Objek alam dapat berupa gambaran pemandangan, gunung, laut, sungai, sawah dan sebagainya. Alam sering dijadikan objek pembuatan karya seni rupa murni karena keindahannya. Karya seni rupa murni yang sering memakai objek alam adalah lukisan, seperti : lukisan pemandangan gunung, lukisan pemandangan laut, lukisan pemandangan sawah dan lain-lain.
  3. Benda
  4. Benda sering dijadikan sebagai objek seni rupa murni adalah benda mati atau benda hidup di lingkungan sekitar yang disusun sedemikian rupa. Contoh benda yang digunakan untuk bahan karya seni rupa murni adalah peralatan rumah tangga dan buah-buahan, contoh : lukisan gerabah/guci, lukisan buah-buahan.
  5. Sejarah
  6. Lukisan atau gambar sejarah juga sering dijadikan sebagai objek karya seni rupa murni. Sejarah mengandung makna yang besar sehingga banyak diminati oleh pelukis. Contoh gambar atau poster pahlawan nasional, lukisan bangunan bersejarah seperti lukisan Jenderal Sudirman, Lukisan Museum Fatahillah.
  7. Mitologi atau mitos
  8. Mitos merupakan cerita atau kenyataan yang telah membudaya dalam masyarakat tentunya seperti cerita Malin Kundang, Cerita Timun Mas merupakan contoh yang sering dijadikan objek karya seni rupa murni.
Apresiasi Karya Seni Rupa Murni yang ada di Daerah Setempat
Kerajinan seni rupa murni sekarang banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik yang berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. Kerajinan seni rupa murni yang ada merupakan bagian dari kebudayaan nasional.

Dengan keragaman karya seni yang dimiliki oleh Indonesia, seharusnya kita bangga dan ikut menjaga keaslian ragam karya seni rupa tersebut. Melestarikan karya seni rupa yang dimiliki oleh suatu daerah, sama halnya dengan melestarikan kebudayaan dari daerah itu.

Sekian informasi yang dapat saya berikan kali ini, semoga bisa bermanfaat juga berguna
terimakasih
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pengetahuan / SBK dengan judul Karya Seni Rupa Murni. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2013/04/karya-seni-rupa-murni.html. Terima kasih!

Postingan Populer

 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger