Dampak dari Kurang Tidur

Dampak dari Kurang Tidur
Dampak dari Kurang Tidur
Dampak dari Kurang Tidur - Tidur merupakan suatu keadaan istirahat secara alami pada semua makhluk hidup di dunia ini. Manusia itu sendiri menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Faktor keamanan harus dibangun untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kriminalitas ketika kita sedang tidur. Untuk itu selalu periksa keamanan rumah sebelum tidur.

Hal ini memang terkadang kita sering mengalami yang namanya susah tidur mungkin pada awalnya karena stress atau hal lain yang menyebabkan hati tidak tenang atau terasa gelisah dan mengakibatkan susah untuk tidur, selain itu orang sering mengalami gangguan susah tidur dikarenakan memang sudah menjadi kebiasaan yang di awali sering tidur larut malam sehingga jam istirahat kita tidak optimal dan tentunya memang tidak baik bagi kesehatan, karena akibat kurang tidur bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit datang menghampiri kita.

Kesempatan kali ini saya mau berbagi informasi mengenai bahaya akibat kurang tidur terhadap kesehatan tubuh kita, untuk lebih jelasnya silahkan sobat simak beberapa keterangan dibawah.

Berikut ini beberapa gejala Penyakit yang akan muncul Akibat Kurang Tidur :
Diabetes
Dalam rangkaian penelitian 2012 lalu, ditemukan bahwa ada hubungan antara peningkatan penyakit diabetes dengan kurang tidur. Bahkan, saat ini anak-anak remaja maupun mereka yang tak punya gen diabetes sudah terancam akan penyakit berbahaya ini.

Pelupa
Sering letih dan pelupa, bukan karena penuaan dini lho, tetapi karena Anda kurang tidur. Semakin kurang jumlah jam tidur Anda, maka semakin sering pula Anda merasa lelah dan lupa.

Gemuk
Saat seseorang kurang tidur, obesitas sedang mengancam Anda. Tak heran kan jika Anda yang sudah mati-matian diet tapi berat badan tetap tanpa Anda tahu penyebabnya. Nah, salahkan jam tidur Anda yang kurang.

Para peneliti mengatakan, seperti dikutip dari huffingtonpost, bahwa saat seseorang kurang tidur, maka pikiran secara otomatis kelelahan dan memberikan sinyal palsu atas rasa lapar. Akibatnya, Anda akan makan dalam jumlah berlebihan di esok harinya, atau bahkan ngemil di malam hari.

Tulang keropos
Diduga, osteoporosis juga disebabkan oleh kurang tidur. Menurut penelitian yang dilakukan 2012 lalu disebutkan bahwa ada perubahan kepadatan tulang saat tubuh kurang tidur. Dan apabila hal ini berlanjut dalam waktu lama, maka osteoporosis bukanlah hal yang asing lagi bagi para pelaku begadang.

Kanker
Anda mungkin tak memiliki keluarga dengan riwayat kanker, namun bukan berarti Anda bebas dari penyakit mematikan ini. Menurut penelitian 2010, sekitar 1.240 orang dinyatakan terkena kanker, dan 338-nya disebabkan kurangnya jam tidur (tidur kurang dari 6 jam sehari).

Dengan melihat akibat dari kurangnya jam istirahat maka dari itu mari kita biasakan untuk belajar hidup lebih sehat, mungkin salah satunya selain makanan yang sehat juga istirahat yang cukup karena dengan tidur yang maksimal badan kita akan terasa lebih segar dalam menjalani segala aktivitas kita. usahakan untuk tidak melakukan aktivitas pada saat jam istirahat karena tentunya itu semua akan berdampak buruk terhadap kondisi tubuh kita, apa lagi yang telah terbiasa melakukan hal tersebut alangkah lebih baik jika kita mengurangi dan menghilangkan kebiasaan tersebut meskipun cukup sulit tapi itu semua demi kesehatan.

Baiklah mungkin sekian dulu informasi yang dapat saya sampaikan kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat juga berguna bagi sobat semua.
terimakasih

Source : Bahaya Akibat Kurang Tidur
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Health dengan judul Dampak dari Kurang Tidur. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2013/03/dampak-dari-kurang-tidur.html. Terima kasih!
 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger