Struktur dan Anatomi Kulit

Struktur dan Anatomi Kulit
Struktur dan Anatomi Kulit
(wiki pict)

Struktur dan Anatomi Kulit - Fungsi Kulit - Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info mengenai Struktur dan Anatomi Kulit, mungkin sobat semua sudah mengetahui mengenai fungsi dari kulit bagi tubuh kita dan tidak ada salahnya jika saya bahas kembali. Kulit memiliki peranan penting bagi tubuh kita, Kulit memiliki beberapa fungsi seperti sebagai alat pengeluaran berupa kelenjar keringat, sebagai alat peraba, sebagai pelindung organ dibawahnya, tempat dibuatnya Vit D dengan bantuan sinar matahari, pengatur suhu tubuh dan Tempat menimbun lemak.

Lapisan kulit manusia memiliki beberapa lapisan seperti :
Epidermis
Epidermis merupakan lapisan terluar dari kulit, yang memiliki struktur yang cukup tipis dengan ketebalan sekitar 0,07 mm. Epidermis tersusun atas lapisan tanduk (lapisan korneum) dan lapisan Malpighi. Lapisan korneum merupakan lapisan kulit mati, yang dapat mengelupas dan digantikan oleh sel-sel baru. Lapisan Malpighi terdiri atas lapisan spinosum dan lapisan germinativum. Lapisan spinosum berfungsi menahan gesekan dari luar. Lapisan germinativum mengandung sel-sel yang aktif membelah diri, mengantikan lapisan sel-sel pada lapisan korneum. Lapisan Malpighi mengandung pigmen melanin yang memberi warna pada kulit.

Dermis
Jaringan dermis memiliki struktur yang lebih rumit daripada epidermis, yang terdiri atas banyak lapisan. Jaringan ini lebih tebal daripada epidermis yaitu sekitar 2,5 mm. Dermis dibentuk oleh serabut-serabut khusus yang membuatnya lentur, yang terdiri atas kolagen, yaitu suatu jenis protein yang membentuk sekitar 30% dari protein tubuh. Kolagen akan berangsur-angsur berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Itulah sebabnya seorang yang sudah tua tekstur kulitnya kasar dan keriput. Lapisan dermis terletak di bawah lapisan epidermis.

Lapisan dermis terdiri atas beberapa bagian, yaitu :
  • Akar Rambut 
  • Pembuluh Darah 
  • Kelenjar Minyak (Glandula sebasea)
  • Kelenjar Keringat (Glandula sudorifera) 
  • Serabut Saraf
Hipodermis
Lapisan ini terletak di bawah dermis. Lapisan ini banyak mengandung lemak. Lemak berfungsi sebagai cadangan makanan, pelindung tubuh terhadap benturan, dan menahan panas tubuh.

Mungkin sekian dulu info dari saya mengenai Struktur dan Anatomi Kulit, mohon maaf bila ada kesalahan maupuan kekurangan dari informasi yang saya berikan dan mudah-mudahan ini bisa bermanfaat juga berguna.

Source : berbagai sumber pengetahuan
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pengetahuan dengan judul Struktur dan Anatomi Kulit. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2013/02/struktur-dan-anatomi-kulit.html. Terima kasih!
 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger