Mengembalikan Folder yang tersembunyi (High Protect)

Mengembalikan Folder yang tersembunyi (High Protect)

Apabila kita membuat sebuah folder baru dan mengcopy seluruh file ke dalam folder baru tersebut tidaklah merubah attribute dari file-file tersebut yang kita pindahkan. Hal ini hanya akan membuat file-file tersebut berada dalam sebuah folder yang visible, namuin filenya sendiri tetap tidak kelihatan (kecuali kita mematikan opsi ‘Hide protected operating system files (Recommended)’ dan memilih opsi ‘View hidden files’ pada sub menu Folder Options, Seperti gambar dibawah ini.

Dengan kata lain, kita masih tetap harus mengembalikan attribute dari file-file yang bersangkutan, dengan menghilangkan attribute system dan merubahnya menjadi archieve (normal).

Masalah yang dihadapi adalah attribute ’system’ ini tidak terjangkau dengan cara mengakses properties file. Untungnya Windows masih menyediakan command prompt yang biarpun berkesan ketinggalan jaman namun masih tetap powerfull untuk beberapa urusan.

Apabila jumlah file yang menghilang hanya sedikit, kita bisa melakukan perintah attrib berkali-kali, bukan masalah. Namun apabila jumlah file-nya sudah sangat banyak, apalagi tersebar dalam puluhan atau bahkan ratusan folder (sebuah flash disk ukuran 1 Gb biasanya sanggup menampung ribuan file .doc), kita pasti butuh sebuah cara yang lebih praktis.

Tapi perlu diingat, ini bukanlah cara mengatasi virusnya. Jadi yang terpenting adalah menghilangkan virusnya terlebih dahulu. Kalo nggak, pasti ngilang lagi dokumennya.

Oh iya….. antivirus terbaik adalah kewaspadaan.. Software antivirus hanya melindungi komputer sampai sekitar 90%… selebihnya kita harus tetap waspada jangan sampai ada thread mencurigakan yang mengakses komputer kita.

Langkah pertama untuk mengembalikan sebuah folder / file yang tersembunyi:

1. Buka Aplikasi Notepad.

Klik tombol start – all program – accessories – notepad atau

Klik Start pilih Run kemudian ketikan “notepad” pada kolom kosong kemudian tekan tombol OK

Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :

2. Kemudian ketikan command attrib -a -s - r -h /s /d *.*

Atau ketik command attrib -a -s -h *.doc /s untuk mengembalikan semua file yang hilang tapi hanya file doc saja...

Info : *.doc (document Microsoft Word), *.xls (Excel), *.jpg (jpg), *.* (all file)

De el el………

Setelah kita ketik perintah tadi di notepad, kemudian simpan hasil ketikan tadi dengan memilih Save as. Kemudian gantilah save as type menjadi “All Files” dan ketikan File name nya sesuai keinginan kita dan akhiri dengan titik (.) bat.

Contoh : kembali.bat


Setelah jadi copy ke drive yang filenya hilang trus double click aja tar keluar filenya. Jadi ga perlu ngetik berulang2.

‘Semoga artikel ini bisa bermanfaat’

‘Wendiz’

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips n trik dengan judul Mengembalikan Folder yang tersembunyi (High Protect). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreasi-bisnis-belajar.blogspot.com/2009/05/mengembalikan-folder-yang-tersembunyi.html. Terima kasih!
 
Support : Creativoltz | Black Share | Black Cheat
Copyright © 2013. Berbagi Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Author Wenks
Proudly powered by Blogger